Pages

Subscribe:

Selasa, 28 Januari 2020

Tata solat tahajud


1. Waktu sholat tahajud
Waktu untuk sholat tahajud yaitu selepas isya hingga sebelum terbit fajar, dengan didahului oleh tidur. Sholat tahajud yang paling utama yaitu pada sepertiga malam terakhir.
2. Niat sholat tahajud
Sebenarnya tata cara sholat tahajud lengkap, tidak berbeda jauh dengan sholat sunnah pada umumnya. Sholat tahajud dikerjakan 2 rakaat, 2 rakaat dan seterusnya.
Niat sholat tahajud yaitu sebagai berikut:
Ushallii sunnatat-tahajjudi rak’ataini (mustaqbilal qiblati) lillahi ta’aalaa.
Artinya :
Aku niat sholat sunnah tahajud dua rakaat (dengan menghadap kiblat) karena Allah Ta’ala.”
3. Melakukan takbiratul ihram, diikuti dengan doa iftitah
Pada umumnya, terdapat dua doa iftitah yang sering digunakan, di antaranya :
Allahuakbaru kabiiraw walhamdulillahi katsiran, wa subhaanallahi bukrataw wa’ashiila, innii wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas samaawaati wal ardha haniifam muslimaw wamaa anaa minal musyrikiina. Inna shalaati wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi Rabbil’aalamiina. La syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa anaa minal muslimiina.
Artinya :
Allah Maha Besar dengan sebesar-besarny. Segala puji yang sebanyak-banyaknya bagi Allah. Maha Suci Allah pada pagi dan petang hari. Aku menghadapkan wajahku kepada Tuhan yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan dan kepasrahan diri, dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang menyekutukanNya.
Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah kepunyaan Allah, Tuhan semesta alam, yang tiada satu pun sekutu bagiNya. Dengan semua itu aku diperintahkan dan aku adalah termasuk orang-orang yang berserah diri.
Atau dapat menggunakan doa iftitah seperti berikut:
Allahumma baa’id bainii wabaina khathaayaaya kamaa baa’adta bainal masyriqi wa maghribi, allahumma naqinii min khathaayaaya kamaa yunaqats tsaubul abyadhu minad dana. Allahumaghsilnii min khathaayaaya bil maa’i wats tsalji
Artinya:Ya Allah, jauhkan antara aku dan kesalahanku, sebagaimana engkau menjauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, bersihkanlah aku dan kesalahan-kesalahanku, sebagaimana baju putih dibersihkan dari kotoran. Ya Allah, cucilah aku dari kesalahan-kesalahanku dengan salju, air dan air es.

0 komentar:

Posting Komentar