Pages

Subscribe:

Selasa, 28 Januari 2020

7 Perilaku Negatif yang Harus Dihindari Dalam Menjalin Persahabatan


7 Perilaku Negatif yang Harus Dihindari Dalam Menjalin Persahabatanunsplash.com/@rpnickson
Sebagai makhluk sosial, manusia perlu yang namanya seseorang yang notabene dekat dan tanpa jarak. Yups, selain keluarga dan pasangan, orang tersebut adalah sahabat. Sahabat menjadi bagian penting dalam kisah hidup seseorang, karena ia selalu ada dalam suka maupun duka
Dalam menjalin sebuah persahabatan, 7 perilaku negatif ini harus dihindari, ya. Agar persahabatan kalian tahan lama.

1. Bercanda secara berlebihan

unsplash.com/@acastillejosunsplash.com/@acastillejos
Meskipun bersahabat, sudah gak ada jarak bak saudara. Namun, ketika bercanda berlebihan, bukan tak mungkin akan muncul rasa kesal dalam hatinya. Itu hal wajar, manusiawi. Oleh sebab itu, tetap lah menjaga perilaku dan tindak-tanduk yang sifatnya berlebihan, seperti bercanda yang kelewatan.

2. Terlalu kepo pada urusannya

unsplash.com/@matheusferrerounsplash.com/@matheusferrero
Tidak semua orang memegang prinsip, semua history harus diceritakan secara gamblang, meskipun atas nama persahabatan. Terkadang seseorang butuh privasi yang cukup diketahui hanya antara dirinya dan Tuhan saja. Ketika begitu penasaran dengan history sahabatmu, jangan sekali pun memaksanya untuk menceritakan, hal tersebut merupakan perilaku negatif dalam persahabatan yang harus dihindari.

3. Keluar perkataan yang menyinggung hati

unsplash.com/@rpnicksonunsplash.com/@rpnickson
Sekalipun dia itu sahabatmu, sudah tahu sifat, karakter dan watak aslinya. Namun, ketika kamu mengeluarkan kata-kata yang menyinggung perasaannya, bisa jadi ia merasa keki. Terhadap siapapun, adab dan tutur kata yang baik lah yang mesti dipergunakan.

4. Egois


unsplash.com/@christianfregnanunsplash.com/@christianfregnan
Ketika kamu dipersatukan dengan seseorang atas nama persahatan, sikap individualis mesti dilenyapkan. Kebersamaan dan saling support lah yang mesti ada dari kedua belah pihak. Bukan tak mungkin, jika egoisme masih kamu anut, persahabatan akan bubar seiring berjalannya waktu.

5. Saat dibutuhkan malah menghilang

unsplash.com/@chrismoore_unsplash.com/@chrismoore_
Yang namanya sahabat merupakan orang terdekat kedua setelah keluarga. Sewajarnya pula, ketika seseorang perlu bantuan, memohon pada sahabatnya sendiri. Jangan lah lari begitu saja saat dimintai pertolongan. Seandainya pun gak bisa membantu, berikan alasan dan penjelasan logis serta gak menyakiti hatinya.

6. Acuh tak acuh

unsplash.com/@timberfosterunsplash.com/@timberfoster
Selain hindari perilaku menghilang saat dimintai pertolongan, hindari pula lah perilaku negatif acuh tak acuh pada sahabatmu tersebut. Di dunia ini, kita dilahirkan menjadi pribadi yang perlu namanya bersosial alias gak akan pernah bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Sahabat lah yang akan menjadi tumpuan kamu saat perlu bantuan, disamping keluarga.

7. Menusuk dari belakang

unsplash.com/@alexisrbrownunsplash.com/@alexisrbrown
Menusuk dari belakang bukan lah permasalahan tabu dalam lingkup persahabatan. Hal ini menjadi pemicu persahabatan menjadi retak serta hubungan menjadi renggang. Selain menusuk dari belakang pun, perilaku membicarakan sahabat di belakang atau bahkan menjelek-jelekkan, adalah dua perilaku negatif yang harus dijauhi.
Itulah 7 perilaku negatif yang harus dihindari dalam lingkup persahabatan. Kamu pun bisa lho membuat sebuah komitmen dalam persahabatan, guna menghindari yang namanya saling menyakiti di kemudian hari.
Sumber :https://www.google.com/amp/s/www.idntimes.com/life/relationship/amp/ineu-nursetiawati/7-perilaku-negatif-yang-harus-dihindari-dalam-menjalin-persahabatan-c1c2

0 komentar:

Posting Komentar